Rabu, 21 Juli 2010

Pertunjukan Teater Anak Indonesia

Semestinya anak-anak Teater Tanah Air bisa menunjukkan kemampuan mereka dalam The 11th World Festival of Children’s Theatre yang digelar di Lingen, Jerman, dua pekan lalu. Wakil dari Indonesia ini urung mementaskan lakon Spectacle Zero dalam festival teater anak dunia yang diselenggarakan pada 18-25 Juni lalu itu. Mereka gagal mendapatkan visa ke Jerman.

Ahad lalu, wartawan Tempo Ismi Wahid berbincang dengan sutradara Teater Tanah Air, Jose Rizal Manua, di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, tempat ia biasa melatih anak-anak teater itu. Menurut Jose, permohonan pembuatan visa keberangkatan telah diajukan jauh-jauh hari ke Kementerian Luar Negeri. Tapi permohonan tersebut dikembalikan pada saat hari keberangkatan sudah dekat. "Saya tidak tahu mengapa mereka mengembalikan itu di saat semua pihak tidak bisa menolong kami untuk membuat visa secepat itu," katanya.

Pihak Kementerian Luar Negeri melalui Acting Direktur Diplomasi Publik Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Riaz J.P. Saehu mengatakan pengajuan visa untuk anak-anak di bawah umur memerlukan persyaratan yang lebih spesifik dibanding orang dewasa. Persyaratan itu, antara lain, adanya surat pengadilan dan surat notaris yang menyatakan persetujuan orang tua untuk keberangkatan anak-anak di bawah umur tersebut. Persyaratan itu untuk menjamin jika terjadi sesuatu pada anak-anak. “Kami bantu. Hanya persyaratan harus dipenuhi sendiri dan itu bukan tugas kami,” ujar Riaz melalui surat elektronik.Menurut Riaz, Kementerian memberikan nota rekomendasi yang ditujukan kepada Kedutaan Besar Belanda karena tiket yang dimiliki oleh Teater Tanah Air tiket Garuda Indonesia dengan tujuan Belanda, sebelum menuju Jerman. Proses menjadi lama karena Kedutaan Besar Belanda di Jakarta menolak sebelum visa Jerman dibuat.

Selanjutnya, Kementerian memfasilitasi kembali nota diplomatik rekomendasi visa ke Kedutaan Besar Jerman. "Informasi yang kami peroleh dari Kedubes Jerman, Teater Tanah Air hanya menyampaikan paspor tanpa melengkapi persyaratan administrasi lainnya. Itu di luar kewenangan kami,” kata Riaz.Begitulah. Yang jelas, gagalnya Pertunjukan Teater Tanah Air tampil di festival teater anak dunia itu membuat Jose Rizal Manua kecewa berat.

Sumber : tempointeraktif.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar