Rabu, 22 September 2010

Penurunan Kinerja Menjelang Akhir Tahun


Memasuki minggu kedua bulan Desember, dengan sederet rencana untuk menghabiskan cuti dengan berlibur, atau merayakan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga dan teman membuat akhir tahun dinanti dengan penuh antisipasi. Selain excitement yang meluap-luap karena akan menghadapi berbagai hal yang menyenangkan, pernahkah Anda menyadari bahwa di saat seperti ini justru produktifitas kerja menurun dan Anda jadi tidak bersemangat bekerja? Rasanya otak Anda sudah dipenuhi dengan angan-angan untuk lepas dari pekerjaan, bersantai dan melarikan diri sejenak dari rutinitas kerja sehari-hari.


Beware then! Jangan sampai Anda meninggalkan pekerjaan yang tidak selesai saat cuti. Selain membuat kredibilitas dan profesionalisme Anda dipertanyakan juga akan membebani rekan kerja yang bertugas ‘jaga kantor’ sampai Anda kembali. Lagipula, Anda masih ingin bekerja saat Anda kembali dari liburan bukan?


Analisa beberapa penyebab yang membuat kinerja Anda menurun sebelum Anda mengambil tindakan untuk memperbaikinya :

  • Pengelolaan jam kerja yang kurang strategis sehingga banyak pekerjaan yang terbengkalai.
  • Tidak menaati "to do list" untuk hari ini.
  • Menyusun prioritas yang salah.
  • Tidak memanfaatkan sumber daya yang ada secara maksimal
  • Terlalu banyak waktu dihabiskan untuk melakukan hal-hal pribadi seperti menelepon teman, terlalu lama browsing situs pertemanan, menuruti ‘nafsu’ untuk main game. Semuanya dilakukan dengan alasan ingin istirahat sejenak dari jenuhnya pekerjaan.


Berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda mengoptimalkan waktu sebaik-baiknya sebelum Anda berlibur :

  • Niatkan diri Anda untuk mendisiplinkan diri menjalankan setiap daftar pekerjaan yang harus Anda selesaikan hari itu. Jika perlu tempelkan kertas yang bertuliskan to do list lengkap dengan deadline nya di depan Anda sebagai reminder konstan ada pekerjaan yang perlu Anda selesaikan segera.
  • Berusahalah untuk jadi produktif sebelum jam makan siang karena otak bekerja lebih baik saat pagi hari. Kerjakan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi dan kreatifitas tinggi di pagi hari, dan kerjakan tugas rutin di sore hari.
  • Berikan reward kecil setiap kali Anda menuntaskan satu pekerjaan. Contohnya dengan membaca email dari teman, membaca majalah atau meng-update status di akun situs pertemanan Anda. Hal ini akan memberikan Anda sense of accomplishment.
  • Dengarkan musik yang bisa menambah semangat Anda. Musik juga bisa membantu Anda untuk konsentrasi pada pekerjaan dan menghindari Anda ikut-ikutan dengan obrolan di kubikel tetangga. Sesuaikan dengan kebutuhan mood Anda untuk menyelesaikan pekerjaan.
  • Manfaatkan waktu istirahat sebaik-baiknya. Saat makan siang, kembalikan energi Anda dengan makan bergizi dan jika ada waktu sisa, sempatkanlah untuk tidur sejenak di meja Anda.



Bookmark    and  Share

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar