Kamis, 23 September 2010

Lebih Jauh Mengenal System Analyst


Salah satu kategori pekerjaan di bidang teknologi informatika yang banyak dibutuhkan perusahaan adalah bidang Application Specialist. Posisi-posisi di bawah kategori ini masih menjadi incaran perusahaan-perusahaan untuk mendukung kelancaran operasional dan produksi mereka. Umumnya perusahaan membutuhkan profesional yang bisa membuat aplikasi sistem sesuai dengan kebutuhan perusahaannya.


Posisi dalam kategori application specialist seperti system analyst programmer masih tetap menempati top IT job berdasarkan analisa yang dilakukan oleh JobsDB.com Indonesia. Dari sekitar 800-an lowongan kerja bidang TI yang ditayangkan di JobsDB.com setiap harinya, hampir 45% diantaranya adalah pekerjaan di bawah kategori ini.


System analyst dan programmer memiliki keterkaitan karena programmerlah yang nantinya menuangkan analisa sistem ke dalam bahasa pemograman. Karir seorang professional system analyst juga sering kali berawal dari programmer.


Demand yang tinggi terhadap posisi - posisi bidang TI tersebut membuat makin banyak pekerja berlomba-lomba mengejar karir di bidang ini. Bila Anda adalah satu dari ratusan pencari kerja yang ingin berkarir sebagai system analyst atau programmer, apakah Anda sudah mengetahui dan memahami tanggung jawab dan kualifikasi pekerjaan ini?


Pembahasan kali ini adalah mengenal lebih jauh profesi system analyst. System analyst adalah profesional TI yang mempunyai kemampuan untuk menganalisa sebuah sistem yang digunakan sebuah perusahaan dalam mendukung operasional maupun produksi. Analisa dilakukan dengan cara mengidentifikasi dan mempelajari masalah-masalah yang timbul dari sebuah sistem untuk kemudian merumuskan suatu solusi yang sejalan dengan kepentingan bisnis dan teknologi informatika.


Banyak nama lain menyebut system analyst. Contohnya system designer, system consultant, system engineer.


Apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang system analyst? Secara garis besar, seorang system analyst tidak hanya bertanggung jawab terhadap bidang teknologi saja, namun lebih luas lagi pada bidang aplikasi secara keseluruhan.


System analyst yang baik harus mampu untuk mengikuti alur kerja berikut ini:

  • Memahami system yang ada
  • Identifikasi masalah
  • Menganalisa masalah
  • Merumuskan pemecahan/solusi

Seorang analis sistem tidak bekerja sendiri. Ia akan berhubungan tidak hanya dengan sesama system analyst, tapi juga dengan programmer, user dan manager.


Apa kualifikasi ideal seorang system analyst? Jika Anda tertarik untuk menjadi professional system analyst, berikut adalah pengetahuan dan keahlian yang sebaiknya Anda miliki :

  • Pengetahuan dan keterampilan teknologi komputer, bahasa pemograman dan teknik pengolahan data. Termasuk diantaranya keterampilan dalam menggunakan alat dan teknik untuk mengembangkan aplikasi software dan hardware, teknologi komunikasi data, bahasa-bahasa pemograman, dan sistem operasi.
  • Pengetahuan tentang user/atau bisnis secara umum. Anda membutuhkan pengetahuan bisnis perusahaan, paling tidak secara umum, agar Anda, dapat berkomunikasi dengan user yang akan menjalankan sistem ini. Pengetahuan bisnis yang sebaiknya dimiliki adalah pengetahuan mengenai akuntansi perusahaan, manajemen, marketing, personalia, company policies.
  • Pengetahuan dan keterampilan mengenai metode kualitatif seperti linear programming, dynamic programming, simulasi dan lain sebagainya.
  • Kemampuan menganalisa masalah dan memberikan solusi. System analyst umumnya akan menganalisa, memilah dan menguraikan masalah kompleks yang ditimbulkan oleh sistem yang dipakai perusahaan. Kemampuan ini penting untuk mendapatkan solusi masalah.
  • Communication skills (verbal maupun tulisan) dan kemampuan untuk membina dan menjaga hubungan. Layaknya profesional, kemampuan komunikasi adalah keterampilan esensial untuk berhubungan dengan banyak pihak, terutama user, dalam menyampaikan presentasi, pembuatan laporan dll.


For your information, gaji seorang system analyst di Indonesia berkisar antara Rp. 3.200.000 - Rp. 11.000.000.


careers, Jobs Indonesia, Indonesia Vacancy

Bookmark   and Share

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar