Senin, 26 Desember 2011

Sekelumit Tentang Penyakit Hernia




Obat Hernia - Hernia, atau yg familiar kita kenal dgn turun berok, merupakan penyakit akibat turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisan otot dinding perut. Penderita hernia, memang kebanyakan laki-laki, terutama anak-anak. Pada umumnya penderitanya akan merasakan nyeri, jika terjadi infeksi di dalamnya, misalnya, jika anak-anak penderitanya terlalu aktif.

Diambil dari bahasa Latin, herniae, adalah menonjolnya isi suatu rongga melalui jaringan ikat tipis yg lemah pada dinding rongga. Dinding rongga yg lemah itu membentuk suatu kantong dgn pintu berupa cincin. Gangguan ini sering terjadi di daerah perut dgn isi yg keluar berupa bagian dari usus.


Penyakit Hernia yg terjadi pada anak-anak, lebih disebabkan karena kurang sempurnanya procesus vaginalis tuk menutup seiring dgn turunnya ****** atau buah zakar. Sementara pada orang dewasa, karena adanya tekanan yg tinggi dalam rongga perut dan karena faktor usia yg menyebabkan lemahnya otot dinding perut.


Hernia Berdasarkan Proses Terjadinya:

1. hernia bawaan (kongenital)

2. hernia yg didapat (akuisita)

Hernia Bedasarkan Sifatnya

1. reponibel ; bila isi hernia dapat keluar masuk.

2. hernia irreponibel ; bila isi kantung hernia tidak dapat dikembalikan ke dalam rongga

3. hernia akreta ; jjika tidak ada keluhan rasa nyeri ataupun tanda sumbatan usus akibat perlekatan tersebut

seringkali gejala hernia tidak dapat kita kenali, namun Jika merasa ada benjolan di lipatan paha pada saat berdiri, batuk, bersin atau mengangkat barang-barang berat, maka itulah hernia. Karena itu, waspadailah perasaan seperti itu.

Cara Pengobatan

Pengobatan penyakit hernia tidak melulu melalui jalan operasi. Operasi dilakukan jika lubang semakin membesar dan diperlukan tindakan tuk menutup lubang. Jika tidak dioperasi, lubang bertambah besar.

Jika hernia masih dapat dimasukkan kembali, yg dibutuhkan hanya menggunakan penygga atau korset tuk mempertahankan isi hernia. Itu pun jika hernia telah direposisi. Yg paling penting selalu konsultasikan dgn dokter Anda.




Sumber: indosiar.com


Info Terkait

Obat Hernia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar