Senin, 12 Desember 2011

Mengenal Taman Minimalis



Archigraf Kreasindo - Trend desain rumah minimalis masih sangat terasa pada jaman modern sekarang ini. Kesederhanaan pola yg berpadu dgn garis - garis metris yg cantik dirasa sudah cukup tuk menghias sebuah rumah tuk tampak cantik dan berkesan. Oleh karena itulah, karena perkembangan trend yg masih akan terasa hingga beberapa tahun ke depan maka tidak ada salahnya Anda mengimpikan desain rumah minimalis yg menawan namun tak lengkap rasanya jika rumah minimalis tidak dilengkapi dgn sebuah taman.

Tuk rumah yg memiliki lahan terbatas Anda tidak perlu kuatir, karena tidak hanya rumah yg memiliki konsep minimalis namun tuk sebuah taman pun mempunyai konsep sebagai taman minimalis.


Yup Taman ini merupakan konsep taman yg menuntut kepraktisan. Pilihan jenis tanamannya (softscape) cenderung dari jenis yg mudah ditanam dan dirawat. Contohnya, bakung, palem, euphorbia, dan sebagaiya. Tanaman-tanaman ini tidak membutuhkan penyiraman yg terlalu sering. Selain itu, mereka juga tahan panas dan perubahan cuaca.

Tidak sebatas pada tanaman tanaman, furnitur dan aksesori pun harus minim perawatan. Pilihannya bisa menggunakan batu alam atau taburan koral. Batu alam berwarna gelap, seperti batu candi atau batu tempel, tidak akan mudah terlihat kotor, sehingga tidak perlu sering dibersihkan.


Sedangkan taburan batu koral, bisa digunanakan sebagai pengganti rumput. Namun tidak berarti taman minimalis tidak boleh ditanami hamparan rumput. Itu syah-syah saja namun yg harus diingat pilih rumput yg mudah perawatannya, seperti rumput gajah mini atau kucai mini.


Taman minimalis bisa diaplikasikan di berbagai ukuran lahan. Anda hanya perlu mengatur softscape dan hardscape, sehingga tetap indah walau berada di lahan yg juga minim.


Tuk menambah keindahan taman, taman dapat dipadu dgn elemen bergaya tradisional Indonesia. Elemen ini dapat ditambahkan dalam jumlah yg juga minim, alias tidak mendominasi ruang pada taman. Misalnya, menenam tanaman kamboja dan ornamen bergaya Bali tuk menciptakan nuansa Bali. Atau bisa juga dgn menempatkan furnitur antik Jawa tuk menciptakan nuansa Jawa masa lalu.


Sumber:kompas.com

Klik Archigraf Kreasindo tuk Info terkait seputar eksterior dan interior rumah minimalis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar