Minggu, 20 Maret 2011

Mengenal Sejarah Penemuan Es cream



Es Cream merupakan salah satu makanan yg sering dijadikan desert, namun enak dinikmati kapan saja, terutama saat cuaca panas. Camilan yg memiliki tekstur lembut dgn panduan rasa yg manis ini ternyata sudah diminati sejak zaman Romawi.

Es cream adalah sebuah makanan beku yg dibuat dari produk dairy seperti krim (atau sejenisnya), digabungkan dgn perasa dan mepamnis. Campuran ini didinginkan dgn mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es cream ke sebuah wadah, lalu dimasukkan ke dalam campuran es pecah dan garam. Garam membuat air cair dapat berada di bawah titik beku air murni, membuat wadah tersebut mendapat sentuhan merata dgn air dan es.

Banyak yg mungkin belum tahu kalau es cream telah dikenal sejak zaman Romawi, tepatnya tahun 400 sebelum Masehi. Namun jika ditilik lebih jauh, es cream sebenarnya sudah dinikmati orang dari zaman China kuno. Marco Polo bisa dibilang merupakan orang yg pertama kali memperkenalkan es cream kedaratan Eropa. Ketika kembali dari ekspedisinya yg terkenal, dia membawa serta es rasa buah, dan melaporkan bahwa orang-orang Asia sudah membuatnya selama ribuan tahun.

Sekitar tahun 1500 Masehi, cita rasa es cream telah mengalami modifikasi dan banyak dikonsumsi bangsa Italia. Panganan lezat ini mulai populer di Prancis pada era 1.500-an. Sayg, pada waktu itu panganan tersebut hanya bisa dinikmati oleh kaum bangsawan dan keluarga raja. Produksi es cream secara komersial bari mulai dilakukan pada abad ke-18. Pabrik es cream pertama didirikan di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, yg membawa es cream menjadi hidangan terpopuler di dunia pada 1851.

Es cream cone memulai debutnya di Louisiana Purchase Exposition di St Louis, Missouri, pada 1904. Munculnya cone itu sendiri merupakan suatu ketidak sengajaan yg bermula dari habisnya piring para penjual es cream. Keadaan itu lantas dimanfaatkan oleh para pembuat waffle lipat yg menjual dagangannya kepada para penjual es cream. Sejak itu, ide tentang makan es cream menggunakan kue waffle lipat menjadi tren di sana.

Sumber: okezone.com

Temukan Info Lain Seputar Es cream

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar