Senin, 28 Februari 2011

Tips Pembantu rumah Tangga



Penyalur Pembantu - Tips menyiasati ketiadaan pembntu rumah tangga di rumah? Perlu pembagian tugas antara moms and dads, bukan? Inilah tips dari Penyalur Pembantu Rumah Tangga:

· Pastikan tanggal keberangkatan dan kembalinya pembantu rumah tangga. Tentunya ini akan membuat kita tenang dalam mengatur jadwal pekerjaan di rumah maupun kantor.

· Cicil pekerjaan rumah sebelum pembntu rumah tanggapulang kampung, seperti membersihkan kulkas, kaca, menata tanaman dan lain-lain. Hal ini dilakukan supaya semua pekerjaan tidak terasa banyak dan membebani anda.

· Diskusi dan libatkan anggota keluarga dalam membuat jadwal kegiatan harian selama pembntu rumah tanggatak ada. Bagi orangtua yg memiliki anak cukup besar, dapat dilibatkan untuk membantu melaksanakan tugas rumah sesuai porsinya. Misalnya merapikan kamar sendiri, merapikan buku pelajaran, makan sendiri dan lain-lain.

· Sedangkan bagi balita dapat diajarkan dgn cara memberi contoh sambil bermain, bahkan kita dapat memberikan ‘reward makanan maupun pujian’ pada anak yg mampu melakukan pekerjaannya. Sedangkan bagi suami harus dapat memberikan contoh dan siap membantu istri dan anak-anak untuk menyelesaikan pekerjaan secara bersama-sama. Contohnya mencuci mobil atau motor dapat dilakukan bersama-sama.

· Buat jadwal pekerjaan secara bersama-sama. Selain membangun kebersamaan dalam anggota keluarga, juga perlu bersikap terbuka terhadap pembagian tugas yg dirasa sesuai kemampuan masing-masing anggota keluarga. Jadi, dalam melaksanakannya tidak merasa sebagai beban.

· Mulailah mengubah kebiasaan buruk dari diri sendiri. Terkadang kita tidak menyadari kalau kebiasaan yg kita lakukan sehari-hari kurang baik. Misal, selama pembntu rumah tanggaada, semua kegiatan yg berkaitan dgn rumah tangga sudah diselesaikan atau dikerjakan oleh mereka. Contohnya, setelah minum kita tidak sadar menaruh gelas di sembarang tempat dan bila memerlukan gelas, kita ‘teriak’ pada si bibik untuk mengambilkannya.

· Bila kita benar-benar memerlukan bantuan orang lain karena beberapa hal yg tidak dapat ditinggalkan, maka jangan sungkan-sungkan untuk minta tolong kepada keluarga besar (seperti orang tua/mertua, keponakan maupun saudara jauh) untuk membantu kita sementara waktu, bahkan sampai pembntu rumah tanggadatang kembali dari kampung.

· Sebelum pembntu rumah tanggapulang, cobalah tetap mencari informasi pembantu lain kepada teman. Bila perlu usahakan untuk mencatat nomor telepon agen-atau penyalur pembantu sehingga sewaktu-waktu mendesak, mudah dihubungi. Tentu hal ini dilakukan hanya untuk berjaga-jaga bila si bibik ternyata tidak dapat kembali kerja karena beberapa hal.

Sumber: lifestyle.okezone.com

Temukan Info Lain Seputar Lifestyle

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar