Kamis, 23 Februari 2012

Tips dan Kiat Jajanan Sehat untuk Anak

Anak-anak seringkali menjadi ancaman bahaya jajanan yang tidak sehat, sudah banyak kasus tentang ini. Kita sebagai orang tua harus memperhatikan hal ini agar kesehatan anak tidak terganggu.


jajanan pasar


Kebanyakan jajanan yang dijual terutama di lingkungan sekolah banyak mengandung pewarna yang berlebihan, zat pemanis dan bahan lain seperti formalin dan boraks yang bisa berakibat buruk terhadap kesehatan anak.

Unutk mengatasi hal ini ada beberapa tips yang bisa Anda agar anak terhindar dari jajanan yang tidak sehat ini:

- Sediakan menu sarapan sehat dan begizi. Sarapan pagi bisa membuat anak bisa menahan keinginan untuk jajan karena perutnya telah berisi.

- Sediakan anak bekal makanan dari rumah. Anda bisa membuatkan bekal sendiri atau bisa Anda memilih jajanan pasar sehat dan aman untuk anak.

- Tanyakan juga mengenai makanan kesukaannya, dan ajak si kecil untuk ikut berpartisipasi dalam membuat dan mempersiapkan bekalnya.

- Jika harus belanja jajanan pasar untuk anak, perhatikan juga komposisi bahannnya, Sebaiknya hindari makanan yang manis karena biasanya anyak terbuat dari pemmanis buatan.

- Hindar jajanan pasar yang menggunakan penyedap rasa, serta pilihlah tempat jajan yang bersih.

- Berikan uang jajan secukupnya dan jangan berlebihan, agar si anak bisa membatasi frekuenisi jajan dan ajarkan kebiasaan untuk menabung.

Semoga dengan tips singkat ini anak bisa memilih jajanan pasar yang sehat dan terhindar dari bahaya jajanan yang tidak sehat di sekolah ataupun di sekitar rumah.(wk)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar