Kamis, 21 Juli 2011

Tips Supaya Babysitter Betah di Rumah



Mempekerjakan babysitter butuh teknik tepat. Setidaknya agar pengasuh anak yang bekerja untuk keluarga Anda tidak mudah berpindah ke lain rumah, atau mencari alasan untuk tak kembali bekerja. Tak sedikit babysitter, yang mencari berbagai alasan untuk tidak kembali bekerja, termasuk usai lebaran.

baby sitter

Jika Anda merasa cocok dengan kinerja babysitter saat ini, membangun hubungan yang baik bisa melanggengkan relasi kerja. Simak saran Ella Walsh, penulis situs Kidspot berikut:

Perlakukan secara adil
Siapapun akan senang dan merasa nyaman bekerja jika diperlakukan dengan adil. Begitupun dengan babysitter Anda. Perlakukan mereka dengan adil. Tugas pokok babysitter adalah menjaga dan mengasuh bayi selama Anda meninggalkan di rumah. Jadi, jangan memanfaatkan tenaganya untuk melakukan pekerjaan ekstra untuk urusan rumah tangga. Lagipula, pekerjaannya sebagai pengasuh bayi takkan berjalan maksimal jika harus membersihkan rumah dan menyetrika baju Anda bukan?

Berilah dukungan
Membangun hubungan yang sehat perlu dilakukan dengan para pekerja di rumah tangga, termasuk babysitter. Jika babysitter melaporkan sesuatu hal buruk yang terjadi di rumah, jangan bersikap defensif. Anda tetap butuh tahu apa saja yang terjadi saat tak ada di rumah. Dengarkan laporan babysitter Anda, misalnya tentang perangai buruk anak di rumah. Anda bisa mencari tahu solusi yang tepat untuk mengatasinya dengan menyimak informasi dari babysitter. Dukunglah pekerjaannya, dan tidak mudah bersikap mendeskreditkan yang hanya membuat babysitter sungkan berbicara dengan Anda.

Berikan perhatian
Saat harus meninggalkan rumah, selalu pastikan persediaan makanan cukup. Bukan sekadar untuk bayi Anda, namun juga untuk pengasuhnya. Babysitter juga membutuhkan perhatian Anda. Jangan pernah meninggalkan rumah dengan lemari pendingin dalam keadaan kosong dengan makanan dan minuman. Tinggalkan juga rumah dengan menyediakan makanan ringan.

Tinggalkan catatan
Catatan kecil menjadi pengingat paling efektif daripada sekadar menitipkan pesan verbal. Terutama bagi babysitter yang belum berpengalaman. Selalu tinggalkan catatan berisi informasi penting agar babysitter menjalankan tugasnya dengan baik. Catatan tersebut, utamanya berisi:
* Nomor ponsel atau kantor Anda. Jika perlu tuliskan juga nomor telepon anggota keluarga lain untuk mengantisipasi jika Anda tak bisa dihubungi.
* Nomor telepon darurat, seperti tetangga, dokter, rumah sakit, pemadam kebakaran, dan lainnya.
* Rutinitas kegiatan anak Anda.
* Peraturan dalam rumah tangga yang Anda bangun bersama pasangan.
* Tempat menyimpan kotak obat-obatan atau P3K.

Anda punya cara lain yang membuat babysitter betah bekerja di rumah? (kompas)

info Terkait: Yayasan Baby Sitter

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar